Daerah
Home » Berita » Tingkatkan Layanan Informasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Banggai Adopsi Chatbot AI “SAPA TORANG CIE..”

Tingkatkan Layanan Informasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Banggai Adopsi Chatbot AI “SAPA TORANG CIE..”

Kantor Imigrasi Banggai menerapkan Chatbot AI "SAPA TORANG CIE" untuk meningkatkan informasi layanan keimigrasian.

LUWUK, RADAR SULAWESI – Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan informasi keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai telah mengumumkan peluncuran chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI).

Inovasi terbaru yang dinamai ‘SAPA TORANG CIE..’ ini diharapkan dapat memberikan respons yang cepat dan akurat terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat mengenai prosedur keimigrasian, seperti dokumen perjalanan bagi warga negara Indonesia yang dikenal dengan paspor dan dokumen izin tinggal bagi orang asing.

Chatbot AI dapat diakses melalui platform komunikasi populer seperti WhatsApp, dirancang untuk memahami dan memproses bahasa alami, sehingga memudahkan pengguna dalam berkomunikasi.

Kehadiran chatbot ini merupakan bagian dari strategi digitalisasi layanan publik yang dicanangkan oleh pemerintah, memungkinkan akses informasi 24/7 tanpa terbatas oleh waktu kerja kantor.

Penggunaan teknologi AI ini tidak hanya mempercepat proses penanganan permintaan informasi, tetapi juga mengurangi beban kerja petugas informasi, yang kini dapat fokus pada tugas-tugas yang memerlukan penanganan lebih kompleks.

Workshop Pengawasan Kearsipan Bangun Semangat Bentuk Arsip

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai, Octaveri menekankan bahwa dengan adopsi teknologi canggih ini, diharapkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan keimigrasian akan meningkat secara signifikan.

Pengembangan chatbot ini telah melalui serangkaian uji coba untuk memastikan bahwa ia mampu menangani beragam pertanyaan dengan tepat. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan mudah.

Inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mewujudkan layanan publik yang inklusif dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

01

Saat Digrebek, Warga Sebut Anggota DPRD Banggai Fraksi Gerindra Diduga Sembunyi di Kamar Mandi Hampir 1 Jam

02

Formulir Model C.Hasil-KWK di 89 TPS, ATFM Unggul 896 Suara dari Paslon 03

03

ATFM Ungguli Anti-Bali di PSU, Ribuan Warga Banggai Rayakan Kemenangan

04

Bawaslu Banggai Sita Sejumlah Dokumen Dari Tim Paslon 03 di PSU saat Penggerebekan di Desa Tanah Abang

05

Anggota DPRD dari Partai Gerindra dan 28 Orang Digerebek Jelang Pemungutan Suara di Toili

06

Penyidik Polda Sulteng Tetapkan HM Jadi Tersangka Pelanggaran UU ITE

07

Wow, !!! PT Yuliani Amanah Construction Dukung Mayday Grasstrack, Sumbang Dana Rp.100 Juta

08

Diduga Serobot Lahan Warga, Aktivitas PT CAS Di Palang.

09

Pilkada Usai, Tokoh Masyarakat Imbau Tim Paslon 03 Terima Kekalahan: Warga Banggai Ingin Kembali Bersatu!

10

Grand Opening Velove Hotel Beteleme, Tarik Perhatian Tamu Undangan.

Tentatang Kami

Radar Sulawesi merupakan media online yang hadir di Kota Luwuk, memberikan informasi terkini, akurat, dan terpercaya bagi masyarakat Sulawesi, khususnya di wilayah Luwuk dan sekitarnya. Dengan komitmen untuk menyajikan berita yang objektif dan berimbang, RadarSulawesi.id menjadi sumber utama bagi pembaca yang ingin mendapatkan update terbaru seputar politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga peristiwa lokal yang sedang berkembang.

Sosial Media