banner 728x250

Gelar Pelatihan Aparat Desa, Pemda Morut Fokus Pengembangan Bumdes dan Smart Village

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI– Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dibawah kepemimpinan Bupati Delis Julkarson Hehi dan Wakil Bupati H. Djira sejak awal punya komitmen kuat untuk membangun desa, termasuk peningkatan kapasitas para aparat desa.

Meski pemerintahan itu baru 3 tahun, namun berbagai capaian dan kemajuan di desa sudah terbukti. Sudah banyak infrastruktur dan fasilitas untuk masyarakat desa dibangun dan direalisasikan.

banner 728x250

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Morut H. Djira K saat membuka pelatihan aparat desa yang berlangsung di Hotel Swiss-Belinn Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu malam 18 September 2024.

Acara pembukaan turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Morowali Utara, Drs. H. Andi Parenrengi, pejabat Kementerian Dalam Negeri, Pejabat Kementerian PPDT, serta undangan lainnya.

Tema pelatihan ini adalah Penataan Administrasi dan Penjajakan Bisnis Bumdes, Sinergitas Kepala Desa dan BPD dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Strategi Menuju Smart Village Melalui Pengembangan Website Desa se Kabupaten Morowali Utara.

Workshop ini diikuti 360 peserta, terdiri dari para camat, kepala desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan pengurus Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) se-Kabupaten Morowali Utara.

Wabup Djira menekankan perhatian Pemda Morut terhadap pengembangan desa juga harus dibarengi dengan kemampuan teknis para aparat desa.

“Bimtek ini juga merupakan komitmen Pemda untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas aparat desa agar bisa mengelola potensi desanya dengan maksimal,” ujarnya.

Ia menambahkan, walaupun Morut baru berusia 11 tahun pada 23 Oktober mendatang, tetapi daerah ini sudah sangat berkembang, terutama karena memiliki sumberdaya alam yang luar biasa terutama sektor pertambangan.

Dengan potensi ini maka semua aparat dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke desa, harus memiliki kemampuan untuk mengelola potensi ekonomi dan sumberdaya alam tersebut.

Terkait pelatihan pengelolaan bisnis Bumdes ini, Wabup mengharapkan agar semua peserta serius mengikuti semua tahapan kegiatan agar menghasilkan manfaat dalam pengelolaan Bumdes di desa masing-masing.

“Para narasumber dalam kegiatan tersebut berasal dari beberapa kementerian ini merupakan pemateri yang profesional. Jadi ikuti kegiatan ini dengan baik,” harap Wabup.

Ada banyak Bumdes di Morut yang belum berkembang. Salah satu penyebabnya adalah kurang harmonisnya antara pihak terkait yakni kepala desa, pengurus BPD dan pengurus Bumdes, cetus Wabup.

Untuk itu, pelatihan ini penting agar pihak-pihak terkait pengelolaan Bumdes di desa duduk dan berdiskusi bersama untuk mencari solusi pengembangan Bumdes.

Sementara itu, Direktur Program Pusat Konsultasi Pemerintahan Desa (PKPD), Firmansyah, S.Kom, selaku pihak penyelenggara mengemukakan, salah satu tujuan pelatihan ini adalah bagaimana memanfaatkan potensi desa agar dapat menghasilkan untuk kesejahteraan rakyat.

Adapun materi yang diberikan yakni;

Sinergi pemerintah desa dan BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Murtono, S.STP, M.Si, Direktur Fasilitasi Kerjasama Lembaga Pemerintah Desa dan BPD, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Strategi menuju Smart Village (desa pintar) oleh Dr. Drs. Mulyadin Malik, M.Si, CIGS, Kepala Pusat Pelatihan Aparatur Sipil Negara Kementerian Desa dan PPDT.

Pengembangan Kelembagaan Masyarakat Desa oleh Dr. Asnuryati, SE, M.Si, JF PSM Ahli Madya, Kemendesa dan PDTT.

Strategi penggunaan dana desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, oleh Drs. Andrey Ikhsan Lubis, SE, M Si, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Koordinator Fasilitasi Pengembangan Partisipasi Masyarakat pada Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *