banner 728x250

Terbukti, Kepemimpinan AT-FM Mampu Dongkrak Peningkatan APBD Kabupaten Banggai Setiap Tahun

  • Bagikan
AT-FM
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Warga Kabupaten Banggai memiliki alasan kuat untuk mendukung pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dan Furqanuddin Masulili (AT-FM), untuk memimpin selama dua periode.

Dukungan ini didorong oleh prestasi nyata yang diraih selama kepemimpinan mereka, sehingga duet petahana ini memilih jargon “Sekali Lagi.”

Selama masa kepemimpinan AT-FM, Kabupaten Banggai berhasil meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara signifikan. Kepemimpinan mereka mencatatkan kemampuan fiskal yang terbaik di antara 13 kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada tahun 2022, APBD Kabupaten Banggai mencapai Rp2,2 triliun, menjadikannya yang terbesar dibandingkan dengan 12 kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Tengah, yakni Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Morowali, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Toli-Toli, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-Una, dan Kabupaten Morowali Utara.

Selisih APBD Kabupaten Banggai pada tahun 2022 adalah Rp700 miliar lebih tinggi dibandingkan dengan Kota Palu yang memiliki APBD Rp1,5 triliun, dan selisih Rp500 miliar dibandingkan dengan Kabupaten Parigi Moutong yang APBD-nya sebesar Rp1,6 triliun.

Bahkan, selisih APBD Banggai mencapai Rp600 miliar lebih dibandingkan dengan Kabupaten Morowali yang merupakan penghasil nikel terbesar di Indonesia dengan APBD Rp1,4 triliun. Delapan kabupaten lainnya memiliki APBD dalam rentang Rp900 miliar hingga Rp1,2 triliun.

Memasuki tahun 2023, APBD Kabupaten Banggai meningkat menjadi Rp2,4 triliun, tetap yang terbesar di antara Kabupaten Morowali (Rp1,9 triliun), Kota Palu (Rp1,5 triliun), dan Kabupaten Parigi Moutong (Rp1,7 triliun).

Pada tahun 2024, APBD Kabupaten Banggai berhasil menembus angka Rp3,1 triliun, dengan selisih Rp1 triliun dari Kabupaten Morowali yang memiliki APBD Rp2 triliun. Selain itu, APBD Kabupaten Banggai kini mencapai lebih dari 60 persen dari APBD Provinsi Sulawesi Tengah. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *