banner 728x250

Intip Kunjungan STAR-HERO di Bongganan, Titip Pesan Menyejukan, Pungut Sampah hingga Gandeng Masyarakat Modero

  • Bagikan
Momen STAR-HERO bersama masyarakat Desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung usai acara silaturahmi di desa itu, Kamis 12 September 2024.
banner 468x60

SALAKAN, RADARSULAWESI – Pesan menyejukan disampaikan bakal calon Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah (Sulteng) Sugianto Tamoreka kepada ratusan masyarakat Desa Bongganan, Kecamatan Tinangkung jelang Pilkada serentak tahun 2024 mendatang.

Alih-alih menjatuhkan rival politik, Sugianto justru memanfaatkan momen tatap muka untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi. Pilkada santun dan damai adalah komitmen pasangan Sugianto Tamoreka dan Heri Ludong (STAR-HERO) sebagai bentuk dukungan mensukseskan pesta demokrasi akbar lima tahunan tersebut.

Sugianto mengimbau seluruh masyarakat Bongganan agar tetap menghadiri dan menjamu kandidat lain pada Pilkada Bangkep tahun ini ketika bersilaturahmi atau bersosialisasi di desa mereka.

“Jangan bersembunyi, tetap hadiri undangan kandidat lain supaya bapak/ibu bisa dengar penyampaian mereka, apa saja visi misi dan program mereka,” saran Agil -panggilan akrabnya- ketika berbicara pada acara silaturahmi STAR-HERO di Bongganan, Kamis 12 September 2024.

Agil meyakini seluruh calon peserta Pilkada Bangkep merupakan putra putri Babasal yang berkompetisi dengan di dasari tujuan mulia untuk kemajuan daerah. Maka adalah penting bagi masyarakat mengetahui seperti apa komitmen para calon pemimpin terhadap kepentingan rakyat.

Dengan begitu, masyarakat tidak subjektif dalam menentukan pilihan politiknya pada voting day 27 November 2024 mendatang.

“Dengarkan apa penyampaian kandidat lain. Setelah itu dipertimbangkan, kalau bapak/ibu suka sama calon yang masih muda-muda itu (STAR-HERO) yah silahkan dipilih,” tuturnya yang mendapat respon positif warga Bongganan.

Agil juga mengharamkan masyarakat khususnya para pendukung dalam gerbong pemenangan STAR-HERO menghujat, memfitnah atau menjatuhkan kandidat lain. Dia mengingatkan para tim agar tidak menyibukan diri memata-matai pergerakan para rival.

“Semua peserta Pilkada punya pola dan metode masing-masing untuk menang. Mereka inginkan kemenangan, kami pun begitu. Jadi tidak usah urus orang lain, mending di waktu yang singkat ini kita manfaatkan untuk menjual program, sampaikan visi misi STAR-HERO kepada masyarakat,” tekannya.

Kunjungan STAR-HERO mendapat sambutan hangat masyarakat Bongganan. Setelah seluruh rangkaian kegiatan usai, calon Bupati Sugianto mengajak para tim membersihkan sisa sampah snack yang berserakan di lokasi pertemuan.

Amatan awak media, tampak Sugianto dan Heri memegang kardus dan kantong plastik sembari berkeliling memungut sampah. Sejumlah masyarakat pun tak tinggal diam, mereka dengan penuh antusias ikut bebersih.

Kepada awak media, Agil menyampaikan, calon kepala daerah tidak hanya berbicara soal pemerintahan, tetapi harus mampu memimpin rakyat dalam segala hal baik.

Memungut sampah merupakan langkah kecil yang sudah harus mulai dibiasakan. Meski hanya dilakukan oleh segelintir namun dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

“Hal-hal positif seperti ini wajib dibiasakan. Semoga lingkungan Pulau Peling selalu indah, bersih dan terjaga dibarengi dengan masyarakat dan pemerintahan yang sehat, amin,” harapnya.

Sebelum beranjak pergi, Sugianto meninggalkan sejenak urusan politik, berbaur dengan masyarakat dalam lingkaran ‘Modero’ (tarian tradisional rakyat Babasal). Dia tak sungkan bergandengan tangan dengan masyarakat yang belum akrab dikenalnya.

Senyum bahagia menghiasi wajah Sugianto dan masyarakat. Melihat jagoannya masuk lingkaran, beberapa anggota tim pemenangan pun ikut-ikutan dero.

Agil dan masyarakat tampak bahagia. Entah begitu adanya dari hati, yang pasti senyum bahkan tawa sumringah menghiasi wajah mereka.

Sekretaris Tim Koalisi Pemenangan STAR-HERO Sabarudin Salatun menilai, sosok Sugianto-Heri adalah calon pemimpin bersahaja, menyatu tanpa jarak dengan masyarakat.

“STAR-HERO sosok pemimpin yang siap berbaur dengan rakyat, duduk sama rendah, berdiri tanpa raja. Itulah yang kami rasakan selama bersama STAR-HERO,” kata Ketua Partai Buruh Bangkep ini.*** 

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *