banner 728x250

KPU Banggai Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada, Sampai Ke Pelosok Desa

  • Bagikan
banner 468x60

BANGGAI, RADAR SULAWESI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai Melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih, Sampai ke Pelosok Desa.

Kegiatan tersebut guna meningkatkan pemahaman serta informasi publik tentang tahapan maupun penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kabupten Banggai.

Kali ini Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Batu Simpang, Kecamatan Balantak Utara siang tadi, Senin 12 Agustus 2024.

Ketua KPU Banggai Menyatakan, kegiatan tersebut Sedikit beda dari kegiatan sebelumnya yakni di luar ruangan outdoor ini merupakan bentuk ikhtiar KPU Banggai menerapkan salah satu prinsip pemilu yaitu Proporsional, dalam hal mendistribusikan informasi berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada.

“Informasi tentang penyelenggaraan pilkada di Banggai ini jangan hanya terupdate bagi masyarakat kota saja, tapi harus merata (proporsi) ke semua lapisan masyarakat,” ujarnya

Sebelumnya pihaknya melakukan hal yang sama di desa Uemea di Toili dan Desa Ampera di Pagimana, ini wujud ikhtiar KPU Banggai dalam menyebarkan informasi demi sukses nya penyelenggaraan pilkada di Kab. Banggai.

Kesuksesan Pilkada di Kabupaten Banggai ini sangat tergantung dari partisipasi masyarakat, karena partisipasi yang tinggi mencerminkan kepercayaan dan legitimasi publik terhadap proses demokrasi.

Saat masyarakat aktif berpartisipasi, baik dalam memilih maupun dalam mengawasi jalannya pemilihan, maka hasil yang diperoleh lebih mencerminkan kehendak kolektif rakyat.

Partisipasi yang luas juga mengurangi risiko kecurangan dan manipulasi lantaran adanya banyak mata yang mengawasi dan berkontribusi dalam proses.

Dengan demikian, pilkada yang melibatkan banyak masyarakat akan menghasilkan pemimpin yang lebih akuntabel dan sesuai dengan harapan masyarakat sehingga mampu mendorong kemajuan daerah secara efektif.***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *