banner 728x250

Bupati Morut Terima Penghargaan Lencana Bakti Inovasi Desa

  • Bagikan
banner 468x60

MATARAM RADAR SULAWESI- Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS kembali menerima piagam penghargaan dari pemerintah pusat. Ini merupakan penghargaan kesekian kalinya yang diterima bupati selama tiga tahun memimpin daerah Morut.

banner 728x250

Kali ini penghargaan tersebut berupa piagam Lencana Bakti Inovasi Desa (LBID) yang ditandatangani dan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar.

Penghargaan itu diberikan atas jasa bupati dalam membina pengembangan teknologi tepat guna di daerah tahun 2023/2024.

Penghargaan untuk Bupati Morut diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Morut Drs. Andi Parenrengi dan Sekretaris PMD Charles Natanael Toha.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-25 di Lapangan Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (15/7/2024).

Pameran Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara merupakan upaya Kemendes PDTT untuk menggenjot inovasi dan teknologi yang lahir dari desa. Hal tersebut lantaran inovasi dan teknologi diyakini menjadi faktor percepatan kemajuan desa.

Atas penerimaan penghargaan ini, Bupati Morut mengemukakan tidak menyangka sama sekali akan menerima piagam terkait inovasi desa ini.

“Saya hanya bekerja, tentu penghargaan ini hasil penilaian kementerian desa terhadap kinerja pemerintah daerah Morowali Utara,” jelasnya.

Untuk itu, Bupati Delis menyampaikan terima kasih untuk seluruh kerja-kerja pemerintah desa, camat, Dinas PMD dan dinas terkait lainnya.

“Penghargaan ini untuk kalian dan untuk masyarakat Morowali Utara pada umumnya,” tambah dokter Delis.

Dalam sambutannya, Menteri Abdul Halim Iskandar mengemukakan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ke-25 ini bukan hanya mendorong kolaborasi pada aspek ekosistem produksi teknologi. Melainkan, yang tidak kalah pentingnya, yaitu ekosistem pemasaran dari teknologi tepat guna.
“Maka mari manfaatkan BUMDes menjadi bagian dari upaya membangun kolaborasi dalam ekosistem teknologi tepat guna ini,” ujarnya.

Ia mendorong pemerintah daerah untuk memasukkan hasil teknologi tepat guna ke dalam e-katalog lokal maupun nasional sehingga pemerintah mudah memberi data itu kepada pengusaha lokal yang membutuhkan.

Seperti diketahui, selama tiga tahun pemerintahan Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan Wakil Bupati H. Djira K, cukup banyak pencapaian program yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat luas.

Pencapaian itu diperkuat pula dengan diterimanya puluhan penghargaan baik dari pemerintah pusat maupun lembaga independen lainnya.

Penghargaan tersebut di antaranya adalah:

  • Apresiasi Daerah Peduli Pelayanan Publik, Kompas TV, 2023
  • Kabupaten Dengan Pertumbuhan Ekonomi Terbesar Ke-2 Seluruh Indonesia, 2023.
  • Manggala Karya Kencana, 2023.
  • Penghargaan Indonesia Visioner Leaders, 2023.
  • Penyelenggara Pemerintahan Terbaik se Sulteng, 2023.
  • Universal Health Coverage, 2023. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *