banner 728x250

Bersaing Dengan Seluruh Kampus, Unismuh Luwuk Lolos Menangkan Dana Hibah PKKM 2024

  • Bagikan
Dr Agung K Djibaran S.Pd.M.M.Pd Warek III Unismuh Luwuk.
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI- Mempercepat Perguruan Tinggi (PTM) dalam Penerapan Kebijakan Kampus Merdeka, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk lolos menangkan Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Adapun Dana Hibah yang dimenangkan adalah Liga 3 yaitu Jenjang Strata Satu (S1) Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Unismuh Luwuk.

Proses penyusunan Proposal dan upload skema Liga 3 dilakukan sejak tahu lalu tepat pada bulan Desember 2023, dengan mengikutkan 2 Prodi dan satu Institutional Support System Merdeka Belakar-Kampus Merdeka (ISS-MBKM)

Prodi yang diikutkan oleh unismuh luwuk yaitu Prodi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, dan Prodi S1 Manajmen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, serta Institutional Support System (ISS).

Dalam Proses pengusulan, dan penguploadan Proposal Skema Liga 3 tersebut, berbagai tahapan telah dilalui oleh Unismuh luwuk, dimulai dari seleksi administrai sampai dengan pra seleksi kelayakan yang telah diikuti.

“Hal hasil kabar membanggakan kembali didapatkan oleh seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai. Prestasi kali ini ditorekan dari Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian,” ucap Wakil Rektor III Unismuh Luwuk, Dr Agung K Djibran.

Kemudian Pemberitahuan terterkait perolehan dana PKKM 2024 diumumkan pada Jum’at 02 Februari 2024, dan dilanjutkan dengan Verifikasi Kelayakan pada 22-24 Februari 2024.

Dengan lolosnya Unismuh Luwuk dalam Dana Hibah tersebut, maka unismuh Luwuk di undang untuk mengikuti Workshop Implementasi dan Penyerahan Dokumen Pencairan dan PKKM Tahun Pertama Tahun Anggaran 2024.

Udangan tersebut berasal dari Kemendikbudristek RI, dan bertempat di Hotel Mercure Makassar Nexa Pettarani, pada hari Senin, tanggal 6 Mei 2024.

Lolos pendanaan Hibah dari Kemendikbudristek RI, merupakan implementasi dalam mendorong akselerasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua Task Force, Sekaligus Warek III Dr. Agung Kurniawan S. Djibran, S.Pd.,I, M.Pd, mengatakan semoga dana Hibah ini dapat meningkatkan kualitas MBKM di Unismuh Luwuk .

Adapun komposisi Tim PKKM Prodi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, Terdiri dari Ketua Task Force Dr. Agung Kurniawan S. Djibran, S.Pd.,I, M.Pd. Person in Charge (PIC) Program Studi S1 Agribisnis Iwan sudarmaji, SP., MP. Anggota: Dwi Wijayanti, S.TP., MP., Ratmi Rosilawati Nazir, SP., MP., Wahyudi Hasan, SP., M.P., Pardin Lasaksi, SP., MP., Ir. Ramadani Chaniago, SP., MP., dan Darni Lamusu, S.TP., MP.

Ketua Task Force Dr. Agung Kurniawan S. Djibran, S.Pd.,I, M.Pd. terut berbangga atas keberhasilan yang telah diraih oleh timnya

“Atas nama Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), saya merasa senang dan bangga. Hal ini merupakan sebuah kehormatan serta kebanggan bagi kami di Unismuh Luwuk.”
Kebanggan itu ia sampaikan khusus Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Pertanian, yang dapat memberikan dampak pada pembelajaran.

Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kata Agung, Merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

“Bantuan itu Diperuntutkan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat Perguruan Tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU)”Jelasnya.

Lanjut ia, Tentunya hal ini bukanlah perkara yang mudah bagi Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian,

“Mulai dari tahap persiapan untuk bersaing dengan kampus dari seluruh Indonesia hingga tembus memperoleh Dana Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024” ujarya.

Agung Menambahkan, Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian memfokuskan program kegiatan untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024 ini.

Adapun Program yang akan di lakukan Yaitu , Penguatan Kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) dalam mewujudkan Program Studi Unggul, Sertifikasi Kompetensi Lulusan, Pengembangan dan Implementasi Pembelajaran Case Study and Project Based Learning, dan Pelaksanaan Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) serta Peningkatan Kewirausahaan bagi Mahasiswa.

Ia Juga Berharap, selaku Ketua Task Force Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), dengan keberhasilan yang telah di dapattkan, bisa dimanfaatkan dengan baik bagi Prodi Agribisnis Faperta Unismuh Luwuk.

“Semoga dengan adanya perolehan pendanaan hibah ini, dapat dimanfaatkan penuh oleh Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Luwuk untuk melaksanakan program-program MBKM, sebagaimana berita acara kegiatan yang direkomendasikan dalam Program PKKM.” Harapnya

Dan dana hibah PKKM 2024 ini merupakan support pengembangan kualitas Program Studi Agribisnis yang dapat berpengaruh secara signifikan kedepannya, khususnya pada peningkatan kompetensi para mahasiswa dan dosen.

Oleh karena itu, semoga Program Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) ini terus berkelanjutan dan semoga Program Studi Agribisnis dapat melaksanakan program berkelanjutan di tahun berikutnya.

Ia juga Saya juga sangat berharap untuk tahun berikutnya Program Studi yang lain di lingkup Universitas Muhammadiyah Luwuk, dapat berpastipasi dalam Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2025.***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *