banner 728x250

Kepala Kantor Imigrasi Banggai Hadiri Safari Ramadan di Lapas Luwuk

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah selama bulan suci Ramadan, Kepala Kantor Imigrasi Banggai menghadiri serangkaian kegiatan Safari Ramadan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Luwuk.

Acara ini merupakan bagian dari agenda Safari Ramadan Tahun 1445 H/2024 M yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 21 Maret 2024, ini dimulai pukul 17.00 Wita dengan sejumlah rangkaian acara, di antaranya pembukaan acara, sambutan, tausiyah, buka puasa bersama, salat magrib, santap malam, salat Tarawih berjamaah. Sambutan disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, tentang tujuan dan manfaat dari program ini.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan penuh kebersamaan yang dihadiri oleh Pejabat Struktural di Kanwil Kemenkumham Sulteng, Jajaran Kantor Imigrasi Banggai, Jajaran Lapas Luwuk, Jajaran Bapas Luwuk, dan perwakilan warga binaan (WB) Lapas Luwuk.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh seorang Ustad, yang pesan-pesannya menginspirasi seluruh peserta yang hadir, terkait ukhuwah islamiyah, muamalah, tauhid, serta berpesan bahwa ibadah di bulan Ramadan harus ditingkatkan, bahkan tidurnya orang puasa itu ibadah.

Usai tausiyah, azan magrib berkumandang, dan buka puasa bersama dilaksanakan, diikuti dengan salat Maghrib berjamaah. Momen kebersamaan berlanjut dengan makan malam bersama, yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk berbaur dan saling berinteraksi.

Acara ditutup dengan pelaksanaan salat Isya dan Tarawih berjamaah, yang menambah ketenangan dan kekhusyukan di malam Ramadan yang berkah.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Octaveri, menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan Safari Ramadan ini sebagai sarana untuk memperkokoh nilai-nilai keagamaan dan sosial di antara aparatur negara dan masyarakat umum yang sedang menjalankan ibadah puasa. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang bermanfaat ini karena mempererat tali persaudaraan antara seluruh unit pelaksana teknis di wilayah tersebut.

Kegiatan Safari Ramadan ini tidak hanya menjadi wadah pertemuan yang hangat di antara pegawai negeri dan warga binaan Lapas, tetapi juga sebagai momen untuk berbagi dan saling menguatkan dalam menjalani ibadah puasa. Penyelenggaraan Safari Ramadan ini diharapkan dapat menjadi tradisi tahunan yang terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *