banner 728x250

Budi Desak Bawaslu Banggai dan Polres Banggai Selidiki Dugaan Kasus Suap Penyelenggara Pemilu

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Dugaan keterlibatan oknum penyelenggara pemilu dalam mendukung salah satu partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) di kabupaten Banggai terus mendapat perhatian publik. Hal tersebut kali ini dari Supriadi Lawani, seorang pemerhati pemilu dan demokrasi di Kabupaten Banggai.

Budi sapaan akrabnya mengatakan kepada awak media pada Senin 11 Maret 2024, bahwa jika tindakan memobilisasi dukungan yang dilakukan oleh oknum PPK dan PPS kepada calon anggota DPR dan DPRD itu terbukti benar maka jelas itu adalah kejahatan pemilu yang luar biasa.

“kalau terbukti jelas itu adalah perilaku kejahatan luar biasa dan sangat menghancurkan prinsip pemilu yang jujur dan adil” jelas Budi.

Sebelumnya beredar isu bahwa ada oknum PPK dan PPS di beberapa kecamatan diduga telah di suap untuk memobilisasi dukungan kepada beberapa calon anggota DPR dan DPRD.

Kasus ini juga telah dilaporkan kepada panitia pengawas pemilu (Panwas) kecamatan Luwuk beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Budi berharap agar Bawaslu dan Kepolisian segera mengusut dengan serius persoalan ini sehingga publik mendapatkan kepastian hukum.

“saya kira Bawaslu Banggai harus segera mengambil tindakan atas peristiwa ini karena jelas ada unsur pelanggaran dan pidana pemilu” tegas Budi.

Ketika ditanyakan kenapa kepolisian juga harus terlibat, Budi mengatakan bahwa jika melihat screenshot percakapan group WhatsApp yang beredar maka ada indikasi tindak pidana penyuapan yang dilakukan oleh calon anggota DPR dan DPRD kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini oknum PPK dan PPS .

“iya polisi juga harus terlibat melakukan penyelidikan karena ada dugaan tindak pidana suap kepada penyelenggara pemilu, PPK dan PPS adalah penyelenggara pemilu yang digaji dari APBN jelas ada dugaan ke arah situ yah” tutup Budi. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *