banner 728x250

Goes To Campus, Imigrasi Banggai Laksanakan Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah di Unismuh Luwuk

  • Bagikan
Plh Kantor Imigrasi Banggai Natalina Marbun dan Wakil Rektor II Unismuh Luwuk Banggai Nirwan Muh. Nur pada kegiatan Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah, Sabtu 9 Maret 2024. [Foto: Istimewa]
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai bersama Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk Banggai Goes To Campus dengan melaksanakan Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah, Sabtu 9 Maret 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung KH. Ahmad Dahlan Kampus Unismuh Luwuk Banggai tersebut mengangkat tema Migrasi dan Perbatasan Indonesia: Perspektif Multidisipliner.

Selain Imigrasi Banggai dan Unismuh Luwuk Banggai, kegiatan tersebut juga melibatkan Kantor Bea dan Cukai Luwuk.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor II, Nirwan Muh. Nur, Plh Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai, Natalina Marbun, Kasubsi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ridwan Arifin, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Bea dan Cukai Luwuk, Iwan Hartawan, serta dosen dan mahasiswa Unismuh Luwuk Banggai.

Mewakili Rektor Dr. Sutrisno K Djawa, Wakil Rektor II Unismuh Luwuk Banggai, Nirwan Muh. Nur mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Atas nama pimpinan kami menyambut baik dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Menurut Nirwan, pelibatan berbagai instansi dan praktisi untuk membahas hal-hal seperti tugas dan tupoksi berbagai instansi merupakan suatu keharusan. Hal itu kata dia, sangat perlu untuk membangun paradigma berpikir mahasiswa sehingga tidak semata-mata hanya soal teoritis, namun juga pada praktek-praktek di pemerintahan yang kemudian dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat.

“Diharapkan agar teori yang kemudian diterima dapat diinterpretasikan di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Terkait tema yang diangkat, Nirwan menjelaskan hal tersebut sangat penting sebab menyangkut banyak hal, khususnya terkait tugas dan fungsi Kantor Imigrasi dan Bea dan Cukai dari Perspektif Multidisipliner.

“Ini (tema yang diangkat, red) sangat penting karena melintasi berbagai disiplin ilmu, khususnya terkait dengan fungsi dan wewenang Imigrasi dan Bea dan Cukai dalam melakukan pengawasan lalulintas orang dan barang dari berbagai negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian yang juga Plh Kantor Imigrasi Banggai, Natalina Marbun berharap kegiatan tersebut dapat memicu diskusi yang produktif terutama untuk menggali lebih dalam tentang isu-isu yang berkaitan dengan perbatasan dari berbagai sudut pandang.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi awal kolaborasi yang lebih luas dan berkelanjutan antara Imigrasi Banggai dan Unismuh Luwuk Banggai. Kami terbuka untuk segala bentuk kerjasama yang dapat mendukung peningkatan pengelolaan imigrasi kedepannya,” ucapnya.

Kuliah Umum dan Diskusi Ilmiah berlangsung dengan pemberian materi oleh Kasubsi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Banggai, Ridwan Arifin dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Bea dan Cukai Luwuk, Iwan Hartawan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan sesi tanya jawab oleh pemateri para peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *