banner 728x250

Berkantor di Desa, Bupati Delis Molimbu Bersama Masyarakat Desa Mayumba

  • Bagikan
Bupati Morut Delis Julkarson Hehi saat makan bersama masyarakat Desa Mayumba
banner 468x60

MORUT, RADAR SULAWESI – Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi menghadiri kegiatan molimbu (makan bersama) masyarakat di Desa Mayumba serangkaian dengan program Buka Desa atau Bupati Berkantor Didesa, acara kegiatan adat molimbu tersebut bertempat di Kecamatan Mori Utara, Rabu malam 28 Februari 2024.

Kegiatan molimbu bersama masyarakat itu,juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi Hongkiriwang, Kepala kepala OPD para Kepala Desa, masyarakat desa dan tamu undangan lainnya dan berlangsung di Banua Mpogombo Kadago Lipu Desa Mayumba.

Bupati dan ibu beserta sejumlah pejabat dari Pemda Morut dan Kecamatan Mori Utara itu, duduk bersila dan makan malam bersama masyarakat, sesuai adat tanah mori.

Kegiatan molimbu ini mengawali seluruh rangkaian acara Buka Desa, dimana kegiatan yang sama sudah  dilakukan setiap bulan di tahun 2023 silam yang kegiatannya di sepuluh kecamatan se Kabupaten Morowali Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengemukakan kegiatan Buka Desa ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan baik dari kabupaten, kecamatan dan desa kepada seluruh masyarakat masyarakat kabupaten Morowali Utara, terangnya.

Kegiatan yang berlangsung  sehari penuh itu, di ikuti sejumlah instansi pelayanan publik yang ikut berkantor di desa untuk melayani masyarakat seperti perekaman/pembuatan KTP, pernikahan massal, pengurusan pajak, BPJS Kesehatan, pelayanan KB dan lainnya.

“Biasanya masyarakat yang pergi berurusan di kabupaten, sekarang dengan kegiatan Buka Desa ini instansi pemerintah yang datang di desa untuk melayani masyarakat,” jelasnya lagi.

Selain itu, sejak akhir tahun lalu dalam kegiatan Buka Desa ini juga dilakukan pelayanan dokter spesialis yang diberi nama Pro-Delis (Program Dokter Spesialis Lintas Desa) yang ikut melakukan pemeriksaan kesehatan di acara buka desa.
Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan Pro-Delis di tiga desa yakni Baturube (Bungku Utara), Pandauke dan Lijo (Mamosalato), sangat membantu masyarakat kita yang ada di daerah terpencil yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami datangkan dokter spesialis dari kabupaten. Setiap kegiatan di tiga desa itu pasien mencapai ratusan orang yang antre. Program ini sangat membantu masyarakat,” ujar Bupati Delis yang juga seorang dokter itu.

Kegiatan buka desa yang dirangkaikan dengan acara molimbu tersebut, siswa-siswi SMP 3 Mori Utara tampil dengan tarian torompio untuk menyambut para tamu, serta sebelumnya juga digelar pertandingan persahabatan sepak bola antara tim Pemda Morut dengan Pemda Kecamatan Mori Utara. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *