banner 728x250

Kucuran Dana BKK, Pemda Morut Kembangkan UMKM di Desa

  • Bagikan
banner 468x60

MORUT, RADAR SULAWESI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali Utara yang di nahkodai Bupati Delis J. Hehi memberikan apresiasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang kini sukses memanfaatkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemkab Morut.

“Ini salah satu contoh UMKM yang berhasil mengembangkan usaha dengan memanfaatkan dana BKK,” ujar Bupati Delis saat meninjau pameran produk-produk lokal yang disajikan UMKM Desa Tompira pada acara peringatan HUT ke-116 Desa itu, pada Minggu, 25 Februari 2024.

Penyaluran dana BKK sebesar Rp 300 juta per desa setiap tahun merupakan salah satu program unggulan dalam visi-misi Delis-Djira sebagai Bupati dan Wabup Morut sejak memimpin daerah penghasil nikel sejak 30 April 2021 yang lalu.

Dengan rincian pembiayaan Dana BKK itu dialokasikan masing-masing Rp 100 juta untuk kelompok usaha pertanian, peternakan dan perikanan, kelompok usaha perempuan dan kelompok usaha pemuda.

“Penyaluran dana BKK ini merupakan bentuk keberpihakan pemda kepada pelaku UMKM untuk mengentaskan kemiskinan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi desa,” tambah Bupati Delis yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Morut Febriyanthi Hongkiriwang, S.Si, Apt.

Ketua UMKM Maju Berkah Tompira Nursaidah menyampaikan terima kasih atas bantuan dana BKK dari Pemkab Morut untuk mengembangkan usaha kecil di desa kami.

“Inilah hasilnya,” ujar Nursaidah sambil memperlihatkan produk-produk lokal seperti sambal meti yang dipamerkan dalam acara HUT itu.

Sebelumnya Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan HUT Ke-116 Tahun, bertempat di Sekolah MI Al-Khairaat Dusun 3 Desa Tompira, Kecamatan Petasia Timur.

Bupati Delis menyampaikan harapan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kondisi investasi yang kondusif agar semakin banyak investor yang masuk dan pastinya akan berdampak baik pada kesejahteraan masyarakat Morowali Utara.

Hadir juga mendampingi Bupati Delis, Anggota DPRD Morut Usman Ukas, S. E, Kasat Pol PP dan Damkar Morut Buharman Lambuli, S.Sos, Kadis PMD Drs. H. Andi Parenrengi, dan Kepala Desa Tompira Sufran Tanadi serta Tokoh masyarakat Desa Tompira. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *