banner 728x250

Jelang 2 Tahun Menjabat, Bupati Bangkep Ihsan Basir Realisasi Peningkatan Listrik 24 Jam di 6 Kecamatan

  • Bagikan
Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir (kedua dari kanan) didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Pertanahan Bangkep Rahman Hasan (pojok kanan) saat berfoto bersama petinggi PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo beberapa waktu lalu.
banner 468x60

SALAKAN, RADARSULAWESI – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Salah satu yang menjadi konsentrasi program Pemda Bangkep adalah peningkatan jam operasi pelayanan listrik interkoneksi 24 jam.

Sejauh ini, Pemda Bangkep di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Ihsan Basir telah merealisasikan peningkatan jam operasi listrik 24 jam di enam kecamatan meliputi Peling Tengah, Bulagi, Bulagi Utara, Bulagi Selatan, Buko dan Buko Selatan.

“Alhamdulillah jam operasi listrik di enam kecamatan itu sudah maksimal 24 jam dari sebelumnya 12 jam,” ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Pertanahan Bangkep Rahman Hasan, Selasa 23 Januari 2024.

Maksimalisasi listrik 24 jam tersebut dicapai melalui koordinasi intens dengan pihak PT PLN (persero) Wilayah Suluttenggo.

Dimana pada 23 Juni 2023 lalu Ihsan Basir telah mengadakan rapat dengan Manager PLN Wilayah Suluttenggo di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Sehingga saat ini ada penambahan pembangkit daya sebesar 700 kVA dan 2 Mega Watt (MW) di unit pelayanan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Salakan. Daya memadai itu disuplai untuk memenuhi kebutuhan 12 kecamatan.

Rencananya, Pj Bupati Ihsan Basir akan meresmikan langsung jam operasi listrik 24 jam yang akan dihadiri oleh General Manager PT PLN Wilayah Suluttenggo.

“Kepastian waktunya masih menunggu konfirmasi dari pihak PLN Wilayah Suluttenggo,” kata Rahman Hasan.

Diketahui, saat ini elektrifikasi di Bangkep telah mencapai 100 persen. Artinya, terdapat 141 desa dan dusun sudah terlistriki .

Sementara 3 desa di Pulau Bakalan yang pengelolaan listriknya oleh PLTD Bulungkobit masih beroperasi 12 jam. Meski begitu, Pemda memastikan ketiga desa di Bakalan akan menikmati listrik 24 jam di tahun 2024 in.

Diinformasikan juga, berikut update laporan beban puncak sistem PLTD Salakan pertanggal 21 Januari 2024:

  • DM PLN: 2.200 KW
  • DM KIP: 4.170 KW
  • DM Total: 6.370 KW

Padam Def:

  • Beban Puncak : 3.323 KW
  • Defisit = kW
  • Surplus= 3.047 kw

Keterangan:

Suply full Bulagi sampai Bonepuso, sistem Lumbi-Lumbia suply dari Salakan.***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *