banner 728x250

Bupati Amirudin Kukuhkan Pengurus Forikan Periode 2023-2025

  • Bagikan
Bupati Amirudin mengukuhkan pengurus Forikan Kabupaten Banggai periode 2023-2025.
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Bupati Banggai Amirudin melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Banggai periode 2023-2025, Selasa 22 Agustus 2023, di Hotel Estrella, Luwuk Selatan.

Di kepengurusan Forikan Banggai kali ini, Syamsuarni Amirudin yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banggai diberikan amanat untuk menjabat sebagai Ketua Umum Forikan Banggai periode 2023-2025. Syamsuarni akan ditemani oleh Halima Pawata yang dilantik sebagai Wakil Ketua Umum.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin mengatakan bahwa Forikan mengemban tugas untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat sehingga berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya berharap, pengurus Forikan konsisten menjalankan tugasnya untuk menopang peningkatan konsumsi ikan secara nasional, dan khususnya di Kabupaten Banggai,” ujar Bupati Amirudin.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan Banggai Ferlin Monggesang mengatakan,
Forikan merupakan gagasan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang bertujuan untuk menyosialisasikan, mengedukasi, dan menyinergikan program kegiatan instansi dan para pemangku kepentingan dalam rangka mendukung program nasional “Gemarikan” (gerakan memasyarakatkan makan ikan) guna meningkatkan konsumsi ikan secara nasional.

Ferlin mengungkapkan bahwa konsumsi ikan di Kabupaten Banggai masih jauh dari rata-rata nasional. Meski demikian, sejak 2020 hingga 2022 konsumsi ikan di Banggai terus mengalami peningkatan.

“Di tahun 2020, konsumsi ikan Kabupaten Banggai berada di 35,7 kilogram per kapita, kemudian di tahun 2021 sebesar 35,8 dan di tahun 2022 adalah 36,1 kilogram per kapita,” terang Ferlin.

Adapun konsumsi ikan rata-rata nasional sebesar 56,48 kilogram per kapita per tahun.

Melihat potensi sumber daya kelautan dan perikanan di Banggai yang cukup besar, Ferlin berharap Forikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan melalui kampanye gemarikan untuk menggerakkan masyarakat agar gemar dan suka makan ikan.

Ketua Forikan Banggai Syamsuarni Amirudin berkomitmen untuk memasifkan kampanye Gemarikan di kalangan keluarga. Pengetahuan tentang nutrisi yang terkandung pada ikan, menurutnya, sangat diperlukan oleh para ibu.

“Kami, bersama-sama dengan Dinas Perikanan, TP-PKK dan unsur terkait, akan terus memberikan edukasi, pemahaman kepada masyarakat, terutama kepada ibu-ibu tentang pentingnya konsumsi ikan bagi keluarga,” ujar Syamsuarni.

Pengukuhan pengurus Forikan Banggai dirangkaikan dengan lomba masak berbahan dasar ikan yang diikuti oleh TP PKK se-Kabupaten Banggai. Dari 23 tim yang berlomba, Kecamatan Luwuk Selatan meraih juara pertama dan akan mewakili Banggai untuk mengikuti lomba masak serba ikan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kota Palu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Luwuk Banggai Arafat Taslim, Wakil Kepala Kepolisian Resor Banggai Kompol Margiyanta, para kepala perangkat daerah, camat, serta TP PKK se-Kabupaten Banggai. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *