banner 728x250

Mudahkan Pengguna Jasa, Pelayanan Kantor KIPM Luwuk Banggai Berbasis Digital

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Luwuk Banggai mengadakan acara bincang-bincang santai dengan para pengguna jasa.

Acara ini diadakan di Kantor Stasiun KIPM Luwuk Banggai, yang terletak di Jln. Trans Sulawesi, Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa 15 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Pekan Pelayanan Publik tahun 2023 yang diadakan secara serentak di 47 UPT BKIPM-KKP diseluruh wilayah Indonesia termasuk Kantor Stasiun KIPM Luwuk Banggai.

Pekan Pelayanan Publik adalah rangkaian acara dalam Bulan Mutu dan Karantina tahun 2023, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya para pengguna jasa karantina ikan dan mutu.

Stasiun KIPM Luwuk Banggai telah berkomitmen untuk mendukung kemudahan berusaha di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, melalui Pekan Pelayanan Publik 2023.

Dalam acara tersebut, petugas Stasiun KIPM Luwuk Banggai tampil dengan pakaian adat dan menyediakan souvenir, serta memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan regulasi dan SOP yang berlaku kepada pelaku usaha perikanan dan pengguna jasa lainnya.

Dalam bincang-bincang dengan para pengguna jasa seperti SKM (Survei Kepuasan Masyarakat), PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sertifikasi domestik dan ekspor, sertifikasi IKI, CKIB dan HACCP, Kepala Stasiun KIPM Luwuk Banggai, Arafat Taslim, memberikan penjelasan mengenai transformasi pelayanan digital yang sedang diimplementasikan.

Menurutnya, semua pelayanan kini berbasis digital, yang tidak hanya memudahkan para pengguna jasa, tetapi juga dapat mencegah praktik-praktik ilegal atau pungutan liar yang mungkin dilakukan oleh petugas.

Arafat Taslim menyampaikan bahwa pendaftaran dan pembayaran telah di digitalisasi.

Karena itu, segala bentuk pembayaran tunai atau di luar sistem digital dapat melanggar ketentuan yang berlaku.

Dia juga menegaskan bahwa apabila ada pembayaran tunai, hal tersebut perlu segera dilaporkan.

“Saat ini segala hal lebih transparan, dan tidak ada pemberian apapun yang boleh diberikan kepada petugas di lapangan,” tegas Arafat.

Selain itu, Stasiun KIPM Luwuk Banggai telah menyediakan laboratorium berstandar ISO 17025 : 2017.

Laboratorium ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pengguna jasa dalam pengujian penyakit ikan dan kualitas mutu hasil perikanan, baik yang masuk maupun keluar dari Kabupaten Banggai.

Keberadaan laboratorium berstandar internasional ini diharapkan dapat memberikan jaminan terhadap kualitas hasil perikanan sebelum dikonsumsi oleh masyarakat. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *