banner 728x250

Forum Serikat Pekerja Morut Apresiasi Delis, LKS Tripartit Terbentuk,

  • Bagikan
banner 468x60

MORUT RADAR SULAWESI – Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit yang beranggotakan Serikat Pekerja (SP), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Pemerintah Kabupaten, akhirnya terbentuk dan menggelar pertemuan tatap muka perdana di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Daerah Morut di Kolonodale, Kamis.

LKS Tripartit ini ditetapkan dengan Keputusan Bupati Morut No.188-45/Kep-B.MU/0148/VII/2024 tanggal 1 Juli 2024, Ketua Bupati Morowali Utara dan Sekretaris Kabid Hubungan Industrial Disnaker dan Transmigrasi Daerah Morut.

banner 728x250

Bupati Morut Delis J. Hehi berharap LKS Tripartit ini akan menjadi forum rembuk bersama mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam hubungan antara pengusaha dan pekerja serta pemerintah selaku regulator.

“Saya minta pertemuan seperti ini dilakukan setiap tiga atau enam bulan. Forumnya tidak usah terlalu resmi. Kita buat dalam suasana santai dan kekeluargaan dimana keakraban terjalin dengan baik,” ujar Delis yang didampingi Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Katriyanis Lakawa.

Menurut pengalaman memimpin Morut sejak 30 April 2021 itu, kata Delis, banyak persoalan selesai dalam suasana yang santai. Kasus-kasus tanah misalnya, diselesaikan hanya dalam acara makan siang.

“Kalau keakraban terbina, maka tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan,” ujar Delis yang membangun Morut selama tiga tahun terakhir ini dengan visi Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS) itu.

Ia mengajak jajaran serikat pekerja dan asosiasi pengusaha memanfaatkan LKS Tripartit ini sebagai forum menciptakan hubungan industrial yang lebih kondusif di daerah ini. Pertemuan hari ini merupakan satu langkah maju dan terbaik untuk akselerasi pembangunan Morut menuju masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Sementara itu, dua orang anggota serikat pekerja menyampaikan terima kasih kepada Bupati Morut Delis J Hehi dalam forum tersebut atas terbentuknya LKS Tripartit yang akan menjadi wahana bagi para pekerja untuk menyampaikan aspirasinya terhadap pemerintah dan pengusaha.

“Pemda Morut di bawah kepemimpinan Delis-Djira sangat-sangat memperhatikan aspirasi para pekerja dengan membentuk LKS Tripartit ini,” kata anggota SPO dari PT.ANA.

“Forum ini akan jadi tempat kita bersama membahas dan menyikapi isu-isu hubungan industrian yang terjadi secara nasional sehingga sesegera mungkin dapat dipahami serta diterima atau disikapi oleh lembaga tripartit ini,” kata seorang anggota SP.

Pihak pekerja meminta agar Pemda Morut berusaha menghadirkan Pengadilan Hubungan Industrian (PHI) di Morut atau paling tidak di Morowali, karena PHI saat ini hanya ada di Palu sehingga serikat pekerja Morut terlalu sulit untuk memanfaatkan jasa PHI karena terlalu jauh sehingga butuh waktu lama dan biaya mahal.

Mereka juga meminta Bupati Morut agar menambah tenaga mediator dari Pemda yang saat ini hanya ada satu orang, agar segera dapat menangani sengketa-sengketa hubungan industrial yang terjadi sehari-hari di lapangan.

Bupati Delis mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menambah dua orang lagi tenaga mediator hubungan industrian sehingga menjadi tiga orang. (MCDD)

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *