banner 728x250

Profil Singkat Irwanto I T Bua, Aleg DPRD Bangkep 2 Periode Peraih Suara Terbanyak di Pileg 2024

  • Bagikan
Anggota DPRD Bangkep dua periode Irwanto I T Bua berpose bersama istri dan anak-anaknya usai paripurna pengambilan sumpah dan janji, Jumat 30 Agustus 2024.
banner 468x60

SALAKAN, RADARSULAWESI – Sebanyak 25 Anggota Legislatif (Aleg) DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah (Sulteng) hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 resmi dilantik, Jumat 30 Agustus 2024.

Mereka merupakan politikus dari berbagai partai, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Golongan Karya (Golkar), Gerindra, PDI Perjuangan, Demokrat, Hanura, Perindo, PSI dan PBB.

Jika melihat komposisi Aleg yang baru saja diambil sumpah dan janjinya, maka terlihat jelas lebih dari setengah total kursi di Parlemen Trikora periode 2024-2029 diisi oleh wajah baru.

Sementara Aleg periode lalu yang masih mempertahankan tahta diantaranya yakni, Irwanto I T Bua dari Partai Golkar, Suhardin Sabalino (Golkar), Rusdin Sinaling (Nasdem), Sriyeni (Nasdem), Rutdiansih (Nasdem), Moh Iqbal Laiti (Gerindra), Badrin Liato (Gerindra), Burhan Alelaga (PBB), Alman dan Hamira.

Dari beberapa figur di atas, terdapat satu nama yang mencuri perhatian, yakni Irwanto I T Bua. Dimana pada Pileg tahun ini, politisi yang menjabat sebagai Sekretaris DPD II Partai Golkar Bangkep ini tercatat sebagai Aleg peraih suara terbanyak.

Yang mencengangkan adalah, suara Irwanto melonjak 100 persen lebih dari perolehan ketika pertama kali berkompetisi pada ajang perebutan kursi panas Parlemen Trikora di tahun 2019 silam.

Di periode itu, Irwanto hanya mengantongi 829 suara. Kemudian meroket ke angka 1.736 suara pada Pileg 2024. Artinya, terjadi lonjakan 910 suara antara periode pertama mencalonkan dengan kedua kalinya.

Hebatnya lagi, penyebaran konstituen pria yang akrab disapa -Iwan Bua- ini meliputi hampir seluruh desa di tiga kecamatan dalam cakupan wilayah Daerah Pilih (Dapil) III. 

Data yang dihimpun media ini menyebutkan, hanya terdapat tiga desa saja yang tak terjamah suaranya. “Desa-desa itu memang tidak saya sentuh karena ada beberapa pertimbangan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, politikus yang juga mantan wartawan ini menolak jumawa. Sebab baginya raihan suara terbanyak murni bersumber dari kerja keras para pendukung di Dapil IV.

“Alhamdulillah saya kembali terpilih dan untuk kedua kali dilantik sebagai anggota DPRD Bangkep. Jadi ke depan kami tidak lagi hanya berbicara soal konstituen, tapi kebutuhan seluruh masyarakat Dapil IV, lebih luas lagi rakyat Banggai Kepulauan,” tegasnya.

Diketahui, Iwan Bua menduduki sejumlah jabatan strategis Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada periode 2019-2024. Diantaranya Ketua Komisi I, Anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus).

Dari amatan awak media, Iwan Bua memiliki peran krusial. Setidaknya hal itu dilihat dari peran aktifnya sebagai salah satu anggota Banggar dalam membedah dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bangkep.

Yah, Iwan Bua memang disebut-disebut sebagai salah satu aleg yang paham terhadap postur anggaran daerah.

Tak hanya berkemampuan di bidang anggaran, dia juga dikenal sebagai aleg paling vokal dalam berbagai rapat ataupun diskusi di ruang-ruang formal hingga non formal sekaitan dengan kerja-kerja legislatif.

Kemampuannya dalam berdiplomasi pun tak usah diragukan. Pemahaman dan kemampuan mumpuni membuatnya mampu mempertahankan argumen dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Semoga apa yang telah dikerjakan selama lima tahun terakhir bisa ditingkatkan pada periode 2024-2029 mendatang.

Selamat atas pelantikan periode kedua kepada Irwanto I T Bua. Semoga selalu menjadi aleg yang sederhana dan merakyat.***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *