banner 728x250

Ciptakan Pelayanan Pengadilan Yang Muda Bagi Masyarakat, Lapas Kolonodale Fasilitasi PN Poso Laksanakan Sidang Keliling

  • Bagikan
banner 468x60

Kolonodale, Radar Sulawesi – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale membantu fasilitasi tempat pelaksanaan sidang keliling Pengadilan Negeri Poso Kelas IB yang dilaksanakan di aula Dr. Sahardjo Lapas Kelas III Kolonodale. Senin, (26/08).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti surat Ketua Pengadilan Nageri Poso Kelas IB Nomor W21-U2/2310/HK.01/I/2024 tanggal 22 Agustus 2024 perihal pelaksanaan sidang keliling. Kegiatan ini diikuti oleh 4 orang Hakim yaitu, Hakim Ketua Eka Prasetya Pratama, Hakim Ketua Harianto Mamonto, Hakim anggota Bakhruddin Tomajahu dan Andi Marwan serta panitera pengganti Christoffel Zebua Simamora, dan Jatmik.

Turut hadir dalam pelaksanaan sidang ini 2 orang Jaksa Penuntut Umum Natanel Parhusip dan Mutiara Fajrin dari Kejaksaan Negeri Morowali dan 1 orang Jaksa Penuntut Umum, Erin Pradana dari Cabang Kejaksaan Negeri Morowali di Kolonodale, serta 2 orang penasehat hukum dari Posbakumadin Poso Tentena.

Dalampelaksanaan sidang keliling ini sebanyak 40 orang tahanan yang mengikuti persidangan, 30 orang diantaranya merupakan tahanan yang berada di Lapas Kolonodale sementara 10 sisanya merupakan tahanan yang saat berada di Rutan Poso dan Lapas Ampana.

Kepala Subseksi Admisi dan Orientasi, Ramli menjelaskan dari 30 orang tahanan yang mengikuti sidang terdiri dari, 1 orang agenda sidang pertama,16 orang agenda sidang pemeriksaan saksi, 7 orang agenda sidang pembacaan tuntutan, 1 orang agenda sidang tanggapan JPU dan 5 orang agenda sidang tuntutan.

Sementara itu mewakili rombongan dari PN Poso, Panitera Muda Pidana PN Poso, Christoffel Simamora pada kesempatan ini menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan sidang keliling ini yaitu Memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dalam mendapatkan pelayanan hukum dan keadilan (justice for all dan justice for the poor) serta mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Beliau juga menyampaikan “Terima kasih kepada Lapas Kolonodale yang telah memfasilitasi tempat pelaksanaan sidang keliling, semoga kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin sehingga kedepannya sidang keliling dapat dilaksanakan kembali di Lapas Kolonodale”, tutup beliau.

Pelaksanaan sidang keliling di Lapas Kolonodale berlangsung dengan aman dan kondusif.

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *