banner 728x250

Bupati Delis Fokus Peningkatan Pendidikan 17 Guru Diberangkatkan Studi Tour ke Bantul

  • Bagikan
banner 468x60

MORUT RADAR SULAWESI- Sebanyak 17 guru dan pengawas yang akan mengikuti studi tiru di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilepas secara resmi Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi.

Pelepasan rombongan yang turut  dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morut, Muh. Ridwan Dg Malureng, S.Ag, berlangsung di Kantor Camat Lembo di Beteleme, Jumat (23/8/2024).

Ke-17 peserta tersebut terdiri dari pengawas SMP, Kepala TK PAUD Negeri, Kepala SDN, dan Kepala SMPN.

Pemilihan Kabupaten Bantul sebagai lokasi studi tiru bagi para guru dan kepala sekolah karena daerah itu memiliki sekolah favorit dan selalu menjadi rujukan guru-guru dari daerah lain untuk belajar di sana.

Bupati Delis mengharapkan agar para guru-guru dapat memanfaatkan studi tiru atau study banding ini sebaik-baiknya untuk belajar dan kemudian menerapkan di sekolah masing-masing.

“Daripada kita memulai dari nol seperti penelitian, uji coba, yang belum pasti ada hasilnya, jauh lebih baik kita menerapkan apa yang disebut ATM (amati, tiru, lalu modifikasi). Konsep ini sangat populer belakangan ini,” jelasnya.

Studi tiru seperti ini, lanjut Bupati, merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia (SDM) di Morut termasuk para pendidik.

Belajar dari beberapa negara maju seperti Singapura, peningkatan SDM tersebut sangat penting. Singapura tidak memiliki sumber daya alam (SDA), tetapi karena ditunjang oleh SDM yang baik maka negara itu sangat maju dan berkembang.

Bupati menambahkan, selain guru-guru, para kepala desa, camat, dan aparatur lainnya juga didorong untuk terus belajar dan meningkatkan SDM-nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morut Muh Ridwan Dg Malureng atas nama para guru berterima kasih atas perhatian dan support dari bupati selama ini dalam rangka meningkatkan kapasitas tenaga pendidik.

Acara pelepasan para guru yang akan mengikuti studi tiru, turut dihadiri Camat Lembo Benyamin PB Hambuako, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Moh. Fadly Abd. Pattah dan Kabid Pembinaan Ketenagaan Jerry Juricho Darmo. (MCDD)

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *