banner 728x250

Bupati Amirudin: Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Banggai

  • Bagikan
Bupati Banggai, Amirudin saat membuka kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) dan Kemah Akbar Aparatur Desa se-Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis 22 Agustus 2024, bertempat di Graha Pemda Kecamatan Luwuk.
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Kemajuan Kabupaten Banggai ditangan Bupati Ir.Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, sangat signifikan. Selain terjadi peningkatan APBD, saat ini tidak ada lagi kategori desa tertinggal.

Pencapaian itu disampai Bupati Banggai, Amirudin saat membuka kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) dan Kemah Akbar Aparatur Desa se-Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis 22 Agustus 2024, bertempat di Graha Pemda Kecamatan Luwuk.

banner 728x250

Dihadapan sekitar 3 ribu peserta yang terdiri dari Kepala OPD, para Camat, Kepala Desa dan BPD, Amirudin mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu 3 tahun memimpin Kabupaten Banggai, telah banyak program yang direalisasikan berdasarkan Visi Misi.

Ia menyampaikan, berdasarkan faktanya hari ini, upaya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat berhasil dilakukan. Itu terlihat dari peningkatan APBD dari sebelunya hanya berkisar Rp 1,9 triliun menjadi Rp 3,1 triliun.

Tidak hanya sampai disitu, dalam  mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, Amirudin mengungkapkan bahwa saat ini bahwa sudah banyak kemajuan yang dirasakan oleh masyarakat di desa. Terutama, tidak ada lagi desa yang dikategorikan tertinggal. 

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kategori desa tertinggal ada 2 desa, namun saat ini di tahun 2024, tidak ada lagi kategori desa tertinggal atau sangat tertinggal. Selain itu, kategori desa mandiri meningkat dari sebelumnya hanya 21 desa, saat ini bertambah 35 desa. Sehingga kategori desa mandiri menjadi 56 desa.

Prestasi dan Inovasi AT-FM terus berlanjut, dari 291 desa di Kabupaten Banggai, terdapat 151 kategori desa maju dan terdapat 84 kategori desa berkembang.

“Saya berharap, dengan adanya capaian dan inovasi yang telah kita lakukan hari ini, insyaallah bisa menjadikan daerah kita yang terdepan di Provinsi Sulawesi Tengah dan Nasional,” tutup pria yang merupakan anak mantan Kepala Desa Toili. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *