banner 728x250

Semakin Diminati Masyarakat, Pelayan Kesehatan Melalui Program Pro-DELIS di Bungku Utara, Capai 758 pasien

  • Bagikan
banner 468x60

BATURUBE RADAR SULAWESI– Pelayanan kesehatan melalui program Dokter Spesialis Lintas Desa (Pro-DELIS) semakin diminati masyarakat Kabupaten Morowali Utara.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dilakukan atas kerja sama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Morut dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale, sangat membantu masyarakat.

Kegiatan terkini yang dilaksanakan di Puskesmas Baturube, Jumat (9/8/2024), jumlah pasien yang ditangani mencapai 758 pasien atau memecahkan rekor pelayanan kesehatan pro-DELIS selama ini.

Kegiatan yang dilakukan sebagai rangkaian pelaksanaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Kecamatan Bungku Utara, berlangsung sejak pagi hingga menjelang malam.

Masyarakat dari berbagai desa mulai dari dataran bawah hingga pegunungan berbondong-bondong sejak pagi mendatangi Puskesmas sebagai tempat pelayanan. Bahkan ada yang sudah menginap di Baturube sehari sebelumnya.

“Daripada kami ke rumah sakit Kolonodale atau ke Luwuk, lebih baik ke sini. Kebetulan banyak dokter ahli yang datang dari Kolonodale,” jelas Risna, yang datang membawa ibunya dari Desa Lemo.

Pelayanan kesehatan pro-DELIS yang dilaksanakan berpindah-pindah di setiap kecamatan sejak tahun lalu, selalu membawa tim dokter spesialis yakni dokter spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit anak, spesialis jantung, spesialis mata, spesialis THT (telinga, hidung dan tenggorokan), spesialis saraf dan radiologi.

Dalam setiap kali pengobatan pada program ini, masyarakat tidak dipungut bayaran sepeserpun alias gratis. Itulah sebabnya masyarakat sangat tertolong dengan kegiatan sosial yang sangat di-support Bupati Morut Delis Julkarson Hehi tersebut.

Camat Bungku Utara Asgar Lawahe yang ditemui di Puskesmas Baturube menyatakan rasa syukurnya atas pelayanan kesehatan yang dilakukan para dokter spesialis dan dokter umum lainnya dalam kegiatan ini.

“Banyak sekali warga dari pedalaman yang datang berobat. Saya atas nama masyarakat Bungku Utara menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada pak bupati, ibu Ketua TP PKK Morut, para dokter spesialis, dokter umum, perawat, RSUD Kolonodale, pengurus IDI Morut, Dinas Kesehatan, Kapolsek, Danramil dan semua pihak yang ikut menunjang sehingga pelayanan kesehatan ini berjalan lancar dan sukses,” jelas Camat Bungku Utara.

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *