banner 728x250

Komitmen Dukung JKN, Pemda Banggai Kembali Raih UHC Award 2024

  • Bagikan
Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili menerima UHC Award 2024 atas komitmen Pemda Banggai dalam mendukung program JKN, Kamis 8 Agustus 2024. [Foto: Istimewa]
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Pemerintah Kabupaten Banggai di tahun 2024 kembali menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Pusat dan BPJS Kesehatan, Kamis 8 Agustus 2024 di Jakarta Timur.

Penghargaan diterima oleh Wakil Bupati Banggai, H. Furqanuddin Masulili, ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan keberhasilannya mencapai cakupan UHC.

Universal Health Coverage (UHC) adalah konsep pembangunan kesehatan global yang bertujuan untuk memastikan setiap individu memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.

Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan per 1 Agustus 2024, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 276 juta jiwa atau lebih dari 98% dari total penduduk Indonesia.

“Capaian ini menjadikan program JKN sebagai program jaminan kesehatan yang single payer, komprehensif, terintegrasi, terbesar, dan tercepat di dunia,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

Secara nasional, terdapat 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil mewujudkan UHC di wilayahnya masing-masing, dengan cakupan kepesertaan lebih dari 95% dari total penduduk, termasuk Kabupaten Banggai.

“Kami beserta seluruh jajaran BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu atas komitmen yang sangat tinggi dalam mencapai UHC dan mengoptimalkan layanan JKN,” tutur Ali Ghufron.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin Masulili didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Banggai, Gilang, Staf Khusus Bupati H. Alimudin Nur, dan Kabag Prokopim, Muhlis Pampawa. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *