banner 728x250

59 Tahun Merasakan Jalan Rusak, Kini Pemerintahan Delis-Djira, Realisasi Infrasturktur Jalan Masuk Desa Lanumor

  • Bagikan
banner 468x60

MORUT RADAR SULAWESI – Tepat dihari ulang tahunnya yang ke 59 tahun Desa Lanumor, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara, saat ini masyarakatnya merasa lega dan bersyukur dengan di .aspalnya jalan mereka masuk ke desa itu.

“Sejak desa ini terbentuk 59 tahun lalu, baru kali ini jalan ini diaspal. Jadi ini hadiah terindah dari bupati kepada masyarakat Lanumor,” jelas Yasmen Tangkawata, tokoh masyarakat setempat, Senin malam (5/8/2024).

Saat itu pemerintah desa dan masyarakat Lanumor memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-59 Desa Lanumor. Ini hari istimewa dan dihadiri langsung Bupati Morut Delis Julkarson Hehi.

Menurut Tangkawata, seperti desa lainnya di Morut, Desa Lanumor awalnya masuk dalam wilayah Kabupaten Poso, setelah itu dengan Kabupaten Morowali dan terakhir masuk Kabupaten Morowali Utara.

“Jadi sejak dari Poso, Morowali dan Morowali Utara, baru saat ini jalan ini diaspal. Sudah banyak bupati yang memerintah, tapi baru Bupati Delis inilah yang aspal,” tegas anggota BPD Lanumor itu.

Tangkawata pernah menjadi Kepala Desa Lanumor selama 14 tahun. Oleh karena itu ia sangat memahami rasa syukur masyarakat Lanumor atas pengaspalan jalan ini.

Saking senangnya, setiap hari banyak warga yang pergi menonton pengaspalan jalan tersebut. Bahkan ada yang berjalan kaki dari kampung untuk sekedar menyaksikan para pekerja dan alat berat meratakan aspal.

Salah seorang warga Lanumor, Zardinan Sandewa, yang ditemui di lokasi pengaspalan, menyatakan masyarakat Lanumor sangat bersyukur atas kebijakan bupati yang menurunkan anggaran cukup besar untuk pengaspalan jalan ini.

“Lihat saja ini warga banyak sekali yang datang untuk sekedar menyaksikan jalan yang dulu berlubang-lubang, sekarang sudah diaspal mulus. Tak ada kata yang paling tepat selain berterima kasih kepada pak bupati,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan seorang penjual ikan dari Korowasu, Adi, yang selalu bolak-balik masuk Lanumor dengan naik sepeda motor.

Ia mengaku sudah cukup lama merasakan beratnya jalan masuk ke Desa Lanumor ini

“Terima kasih pak. Dulu hancur betul jalan ini, berlubang, banyak kubangan. Sekarang tinggal beberapa menit jalan Ensa-Lanumor. Sampaikan ke bupati terima kasih pak,” ujarnya.

Kepala Desa Lanumor Seprianto Manantuada tidak bisa menahan rasa harunya atas mulusnya jalan bertepatan dengan peringatan HUT ke-59 Desa Lanumor saat ini.

Atas nama masyarakat Desa Lanumor, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Morut dan secara khusus kepada Bupati Delis.

Sementara itu, Bupati Delis yang memberikan sambutan pada HUT ke-59 Desa Lanumor, mengemukakan pengaspalan jalan Lanumor ini sesuai yang ia janjikan sebelumnya.

Pekerjaan ini merupakan bagian dari komitmennya untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan secara keseluruhan di Morut.

Ia menegaskan, tidak ada pemimpin yang dikenang karena hartanya, tetapi akan selalu diingat karena karyanya.

“Saya ingin diingat karena karya nyata membangun daerah ini, bukan karena berapa uang yang saya miliki selama jadi bupati,” tandasnya.

Jalan poros Ensa – Lanumor dikerjakan oleh PT. Timur Putra Celebes dengan nilai kontrak sebesar Rp 8.743.420,243. Proyek ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Tahun 2024.

Saat ini pihak kontraktor melakukan pengaspalan dimulai dari Desa Lanumor ke arah Ensa.

Bupati Delis menjelaskan ia sudah minta kepada Kepala Dinas PUPR Morut untuk memasukan tambahan anggaran tahun 2025 untuk menyelesaikan pengaspalan yang masih tersisa sepanjang 1,3 kilometer. (MCDD)

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *