banner 728x250

5 Cabang Olahraga Tradisional Dipertandingkan Dalam Memeriahkan HUT Banggai

  • Bagikan
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai yang ke-64, Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah Lomba Olahraga Tradisional, Jumat 5 Juli 2024 di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk.
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai yang ke-64, Pemerintah Kabupaten Banggai menggelar berbagai kegiatan, salah satunya adalah Lomba Olahraga Tradisional, Jumat 5 Juli 2024 di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk.

Bukan hanya sekadar kompetisi, Mewakili Bupati Banggai, Asisten Administrasi III Setda Banggai, Drs. H. Moh. Kamil, M.Si mengatakan bahwa, Ketertarikan dan kecintaan terhadap olahraga tradisional dapat tumbuh ketika mereka merasakan keseruan dan tantangan oleh setiap permainan.

“Kegiatan kejuaraan olahraga tradisional pada hari ini, merupakan suatu usaha dalam meningkatkan budaya berolahraga, agar masyarakat mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan bakat, minat, percaya diri, dan kecintaan terhadap olahraga tradisional,” Ujar Kamil.

Acara ini melibatkan peserta dari berbagai kalangan, termasuk dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai dan masyarakat umum. Lomba akan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 5 hingga 6 Juli 2024, Berbagai jenis olahraga tradisional dipertandingkan, di antaranya:

1. Tarik Tambang, Diikuti oleh 13 regu.

2. ⁠Patengka, Diikuti oleh 26 peserta.

3. ⁠Sumpit, Diikuti oleh 34 peserta.

4. ⁠Hadang/Kalario, Diikuti oleh 12 regu.

5. ⁠Lari Karung, Diikuti oleh 62 peserta.

Asisten Administrasi III Setda Banggai berharap Kegiatan ini dapat menciptakan masyarakat yang berprestasi, memiliki kemauan dan kesungguhan untuk maju dalam berprestasi pada event-event olahraga tradisional ke depan.

“Kegiatan kejuaraan olahraga tradisional ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang berprestasi, memiliki kemauan dan kesungguhan untuk maju dalam berprestasi pada event-event olahraga tradisional ke depan,” tutur Kamil.

Selain lomba olahraga tradisional, rangkaian acara HUT Kabupaten Banggai akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan sosial dan budaya. Mulai dari donor darah, sunatan massal, pangan dan pasar murah, hingga berbagai kegiatan lainnya yang akan berujung pada malam puncak perayaan pada tanggal 8 Juli 2024.

Sebelum membuka acara secara resmi, Moh. Kamil menyampaikan apresiasinya, “Saya menyambut baik sekaligus mendukung secara penuh kegiatan ini, serta ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai dan semua pihak, dalam menyelenggarakan kegiatan ini.” ujarnya.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO bersama OPD Kab. Banggai dan Instansi Vertikal, serta masyarakat setempat. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *