banner 728x250

Wabup Morut Hadiri Rakor Penanggulangan Kemiskinan Se-Sulteng

  • Bagikan
banner 468x60

PALU, RADAR SULAWESI – Wakil Bupati Morowali Utara, H. Djira K, S.Pd, M.Pd, selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Morowali Utara, menghadiri rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Rakor ini mengambil tema “Gerak Cepat Penurunan Kemiskinan Ekstrem Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

Rapat yang berlangsung selama dua hari dibuka oleh Wakil Gubernur Sulteng, Drs. Ma’mun Amir, di kantor Bappeda Sulteng, Kota Palu, Kamis 13 Juni 2024.

Rakor tersebut diikuti Ketua TKPKD tingkat provinsi, ketua TKPKD kabupaten/kota, para Kepala Bappeda/Bappelitbangda, pimpinan perguruan tinggi di Palu, Kepala BPKP Sulteng, Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Kepala BPS Sulteng serta undangan lainnya.

Kegiatan itu ditandai pula dengan penyerahan dokumen rencana aksi tahun 2024 dan dokumen laporan penanggulangan kemiskinan daerah tahun 2023 dari Ketua TKPKD Kabupaten/Kota kepada Wakil Gubernur selaku Ketua TKPKD Provinsi Sulteng.

Dalam sambutannya, Wagub Ma’mun Amir mengatakan, pada tahun 2024 ini Pemprov Sulteng berkomitmen untuk mencapai target nol persen kemiskinan ekstrem.

Untuk mewujudkan target tersebut, perlu sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah, swasta, BUMN, dan seluruh elemen masyarakat, termasuk di tingkat desa.

“Sekarang banyak sekali perusahaan besar yang berinvestasi di Sulteng. Sisihkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan untuk mengatasi kemiskinan. Itu tanggung jawab mereka (perusahaan) juga,” jelas Wabup.

Selain itu, dana desa (DD) juga bisa diarahkan untuk program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Pemerintah kabupaten punya kewenangan untuk mengarahkan penggunaan DD tersebut.

“Program pengentasan kemiskinan ini tidaklah mudah dan membutuhkan partisipasi dan kolaborasi semua pihak,” tambah Wagub Ma’mun Amir. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *