banner 728x250

Gebyar Market Day, TK DDI Kilongan : Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Inovasi dalam  menanamkan jiwa Kewirausahaan sejak dini, Taman kanak kanak (TK) Midarul Ulum DDI Kilongan, mengelar Market Day, pada Senin 03 Juni 2024.

Metode pembelajar  yang unik itu diterapkan oleh para guru TK DDI Kilongan, dengan melaksanakan praktek Market Day. Dalam kegiatan itu anak-anak di ajarkan untuk bagaimana menjadi Wirausaha.

Kepala sekolah TK DDI Kilongan, Yuli Hakim menjelaskan, Kegiatan Market Day merupakan program pembelajar berbasis proyek, yang mana anak-anak di ajarkan bagaimana teknik menjual sebuah jualan, pada teman-teman dan guru mereka.

“Anak-anak kami ajarkan  bagaimana  proses pembuatan, pengemasan, proses memberi label pada kemasan makanan dan memasarkan produk  kepada sesama teman, bu guru, orang tua murid yang ada dilingkungan TK DDI dan diluar TK DDI Kilongan” Jelasnya.

Dalam pelaksana Market Day, bahan-bahan makanan, yang akan di jual oleh anak-anak disediakan oleh para guru dan orang tua peserta didik.

“Dalam hal ini kami akan menyiapkan bahan-bahan makanan yg akan diolah oleh anak anak, serta dukungan yg dibutuhkan dari orang tua murid yaitu, berpartisipasi menyediakan bahan makanan secukupnya sesuai kemampuan orang tua murid” ujarnya

Setelah menyiapkan barang yang akan dijual, anak – anak dibantu oleh parah guru dan orang tua untuk menata warung-warung kecil dan menetapkan harga barang yang akan dijual oleh mereka.

“Kemudian yang akan menjadi penjual dan kasir yaitu anak-anak peserta didik” katanya.

Yuli Hakim Mengatakan, yang menjadi sasaran pembeli dalam kegiatan Market Day yaitu, para peserta didik dari Tk sampai dengan aliyah DDI Kilongan, serta orang tua Murid dan para guru di lingkungan sekolah.

“Sasaran pembelinya yaitu Murid-murid dari TK, sampai Aliyah kemudian Orang tua murid TK DDI serta para Guru yg ada di lingkungan pondok pesantren DDI Kilongan.” Lanjutnya

Kegiatan market day ini bukan hanya sekedar mengajarkan anak-anak manjadi pengusaha, tetapi dapat membentuk karakter keberanian, kejujuran, inovatif dan kerja sama yang baik dalam membangun usaha.

Yuli Hakim mengharapkan, kegiatan Market Day dapat melatih kewirausahaan anak-anak sejak dini, serta anak -anak dapat memahami tentang makanan sehat, mengenal mata uang  dan lain lain. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *