banner 728x250

TK Midarul Ulum DDI Kilongan Gelar Manasik Haji untuk Anak-Anak: Tanamkan Nilai Islami Sejak Dini

  • Bagikan
TK Midarul Ulum DDI Kilongan menggelar manasik di Masjid Agung an'nur Luwuk
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – TK (Taman Kanak-kanak) Midarul Ulum DDI Kilongan melakukan langkah inovatif dalam mendidik anak usia dini dengan menggelar pelatihan manasik haji pada Selasa, 28 Mei 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini guna membentuk generasi yang berakhlakul karimah.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak tampak ceria saat mengenakan pakaian ihram bagi siswa laki-laki dan baju putih untuk siswi perempuan, sambil mengelilingi miniatur Ka’bah.

Kepala Sekolah TK Midarul Ulum, Yuli Hakim, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji, kepada anak-anak sejak dini.

“Pelatihan haji ini memberikan pemahaman dasar tentang ibadah haji, termasuk rukun-rukunnya dan tata cara pelaksanaannya secara sederhana, yang mudah dipahami oleh anak-anak,” jelas Yuli Hakim kepada awak media.

Selain stimulasi pendidikan agama, kegiatan manasik haji ini juga mengembangkan karakter anak-anak melalui nilai-nilai yang diajarkan dalam manasik haji, seperti kesabaran, ketekunan, kebersamaan, dan ketakwaan. Anak-anak juga mendapatkan pengalaman praktis tentang prosesi haji, sehingga mereka memiliki gambaran pelaksanaan haji di masa depan.

Yuli Hakim berharap anak-anak dapat mengenal dan memahami ibadah haji serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sejak dini, yang akan membentuk dasar yang kuat bagi perkembangan spiritual mereka di masa depan.

Selama kegiatan, anak-anak diajarkan cara memakai pakaian ihram, melakukan tawaf, sai, melontar jumrah, tahalul, dan sholat. Semua aktivitas tersebut dilaksanakan di Masjid Agung An-Nur Luwuk, memberikan pengalaman langsung yang berkesan bagi para peserta.

Inisiatif dari TK Midarul Ulum DDI Kilongan ini tidak hanya memberikan edukasi agama, tetapi juga membangun karakter yang kuat, menjadikan anak-anak siap menghadapi masa depan dengan nilai-nilai Islami yang kokoh. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *