banner 728x250

BMPD dan Camat Luwuk Timur di Minta Tinjau Kembali Pengangkatan Kadus, Desa Uwedikan

  • Bagikan
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Pengangkatan aparat Desa Uwedikan oleh Kepala Desa, dipertanyakan keabsahannya oleh salah satu calon Kadus (Kepala Dusun) II Pontak, dalam proses rekruitmen Kepala Dusun.

Hal Tersebut dibeberkan oleh salah satu calon Kadus Ariati Marauping pada awak media radarsulawesi.id, Jumat 1 Desember 2023, yang mana ariyati merasa dirugikan oleh Kepala Desa dan Panitia dalam seleksi calon Kepala Dusun tersebut.

“Sebelumnya pada bulan Agustus, 2023 telah dilaksanakan penjaringan calon Kadus dan ada tiga calon yang mendaftarkan diri yang pertama Muhamad yusuf (44) namun digugurkan oleh panitia penjaringan karena sudah melewati batasan umur, lalu saya sendiri Ariati Marauping (30) dan Deritan Helianti Sabudu 44 (Kelahiran 1979) Sesuai dengan data yang tertera dalam Kartu Keluarganya, namun dirinya malah diloloskan oleh panitia bahkan dilantik pada tanggal 18 Semptember 2023 yang lalu”

Senin, 4 Desember 2023 mendatang, saya akan masukan surat aduan ke BPMD dan Camat Luwuk Timur agar hal ini bisa ditindaki.

Ariyati juga menjelaskan bahwa sejak melakukan tahapan dalam rekruitmen Calon Kepala Dusun II Ponta, Desa Uwedikan, Kabupaten Banggai 2023 panitia sudah tidak bersikap netral.

“Panitia sudah tidak transparan, pasalnya saat saya ingin mengecek kembali berkas yang di masukan oleh Kedus terpilih, pihak panitia menyebutkan bahwa berkas tersebut sudah diserahkan ke kecamatan, namun setelah saya konfirmasi pihak kecamatan tidak membenarkan hal tersebut” tambahnya

Sesuai dengan undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 50 ayat 1 huruf B seharusnya Kadus yang saat ini sudah digugurkan sejak awal penjaringan.

“Seharusnya kedua calon yang mengajukan berkasnya pada pencalonan tersebut mereka harusnya digugurkan terlebih dahulu jika acuannya undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa” tutupnya. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *