banner 728x250

Ketua Fraksi Gabungan Klaim Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga DPRD Banggai Makin Membaik

  • Bagikan
Kantor DPRD Kabupaten Banggai
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Ketua Fraksi Gabungan (PKB, Hanura dan Perindo) di DPRD Banggai, Safrudin Husain menilai kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga DPRD Kabupaten Banggai kian membaik dari tahun ke tahun.

Penilaian tersebut dilihat dari tingkat partisipasi publik dalam perencanaan pembangunan daerah, yang diajukan melalui lembaga DPRD Kabupaten Banggai yang terus bertambah.

Seperti diketahui, DPRD Kabupaten Banggai mengajukan sebanyak 3.087 usulan program dan kegiatan pada tahun 2024 mendatang. Usulan tersebut diperoleh dari usulan problematika masyarakat yang disampaikan kepada Anggota DPRD Banggai saat melaksanakan Reses bersama masyarakat.

“Kalau saya perhatikan, usulan masyarakat ini setiap tahun semakin banyak yang disampaikan melalui DPRD. Ini artinya, kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga DPRD semakin membaik,” tuturnya dalam sidang paripurna penyampaian pokok pokok pikiran DPRD, yang digelar Rabu 31 Mei 2023.

Politisi PKB itu menilai, ada semacam pesimisme penyelenggara pemerintahan di desa-desa dalam menyampaikan aspirasi pembangunan melalui jalur Musrembang yang selama ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai.

Pasalnya, banyak usulan kebutuhan masyarakat yang tidak terealisasi meski diajukan dalam proses Musrembang.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan ketika usulan-usulan pembangunan disampaikan melalui Reses bersama anggota DPRD.

Rata-rata usulan yang disampaikan masyarakat melalui Reses DPRD selalu terealisir, sehingga masyarakat lebih memilih mengajukan usulan permasalahan melalui jalur pokok-pokok pikiran lembaga DPRD.

Menurut Safrudin, hal tersebut harus dibarengi dengan dukungan dan ketersediaan alokasi anggaran untuk mengakomodir kepentingan masyarakat yang diaspirasikan melalui DPRD.

“Kepercayaan publik yang semakin baik ini, harus ditopang dengan ketersediaan alokasi anggaran yang memadai,” pungkasnya. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *