banner 728x250

Pemdes Lokait Agendakan Camping Alam Tradisional

  • Bagikan
Kades Lokait, Kaleb Sayo
banner 468x60

LUWUK, RADAR SULAWESI – Pemerintah Desa (Pemdes) Lokait, Kecamatan Simpang Raya merencanakan Camping Alam Tradisional, Juli mendatang atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Lokait yang ke-15 tahun.

Kepala Desa Lokait , Kaleb Sayo mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenalkan alam dan budaya setempat kepada masyarakat Kabupaten Banggai dan sekitarnya.

banner 728x250

Kepada awak media, Kaleb Sayo mengatakan, pelaksanaan Camping Alam Tradisional merupakan upaya dari pemerintah desa yang akan melibatkan seluruh masyarakat dan pemuda setempat, dalam rangka pengenalan ragam adat dan istiadat yang dipelihara dan dilestarikan secara turun temurun.

“Untuk peserta kita juga menghadirkan teman-teman dari kabupaten, para pencinta alam, teman-teman wartawan, hingga masyarakat umum. Namun, sifatnya terbatas karena perdana,” kata Kades berkumis ini, Minggu (4/6/2023).

Konsep pelaksanaan camping nantinya, kata Kaa Sayo sapaan akrabnya, bakal dilaksanakan selama tiga hari. Dan akan diisi dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari hiburan tradisional hingga diskusi kepemudaan bersama masyarakat dan pemuda setempat.

“Kita tampilkan musik karambangan, gong bersama gendang, dan lagu pindede,” kata mantan jurnalis ini.

Kades Muda ini menjelaskan, musik karambangan dan lagu pindede merupakan lagu tradisional yang dimiliki oleh suku Saluan Kahumama’on yang berisi puji-pujian dan petuah-petuah kepada generasi penerus.

“Nanti penjelasan tentang tradisi ini akan disampaikan oleh toko adat pada saat kegiatan,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Desa Lokait kepada masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Banggai. Mulai dari kondisi alam, geografis hingga masyarakat.

“Saya menyadari konsep pembangunan harus membutuhkan saran dan masukan dari masyarakat luar dan kerabat,” tutupnya. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *