banner 728x250

Kecam Kerusuhan di PT GNI Hingga Luruskan Informasi Sesat Para Provokator, Bupati Delis: TKA Yang Diserang Duluan!

  • Bagikan
Bupati Morut, dr. Delis bersama Kapolda Sulteng Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi
banner 468x60

MORUT, RADAR SULAWESI – Bupati Morowali Utara, Delis, mengecam keras tindakan anarkis pada kerusuhan yang terjadi di PT. GNI, Sabtu 14 Januari 2023.

“Saya sangat menyesalkan dan mengecam keras aksi yang ditengarai dipicu oleh para provokator dari luar yang membawa agenda-agenda lain,” ujar Bupati Delis usai bertemu Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi di kediaman Kapolda Sulteng di Kota Palu, Minggu 15 Januari 2022.

Dia menduga kerusuhan yang melibatkan TKA dan TKI di perusahaan yang terletak di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur itu, dipicu oleh provokator dari luar kepentingan mensejahterakan karyawan dan keberlangsungan industri nikel dengan membawa agenda-agenda mereka.

“Kami tidak ingin suasana tenteram dan damai yang selama ini terjaga di Morut dirusak oleh para provokator. Kami menginginkan kehadiran investor untuk mengelola potensi daerah bagi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Delis juga membantah isu-isu sesat yang disebarkan para provokator bahwa kerusuhan yang ditandai pengrusakan, pembakaran dan penjarahan tersebut dipicu oleh penganiayaan oleh oknum TKA terhadap TKI.

“Tolong diluruskan informasinya ya. TKA yang diserang duluan, lalu terjadi bentrok. Di tengah bentrok ini, ada oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pengrusakan dan penjarahan di asrama karyawan putri TKI,” terangnya.

Terkait hal itu, Bupati Delis menyerahkan sepenuhnya ke aparat penegak hukum.

Diketahui, sejauh ini Polda Sulteng telah mengamankan sebanyak 71 orang yang terlibat dalam kerusuhan.

Dari 71 orang yang diamankan, 17 diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka pengrusakan.

Sementara dua korban tewas pada kerusuhan tersebut juga telah diidentifikasi, masing-masing XE (30) warga negara China dan MS (19) warga Pare-pare, Sulawesi Selatan.

Diketahui, situasi dan kondisi di PT. GNI saat ini mulai kondusif dengan penjagaan dari aparat penegak hukum, baik Polri maupun TNI. ***

banner 325x300
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *